Apa itu Xposed Framework

Xposed | Modding Android menjadi lebih mudah



Pernahkah sobat ingin memodifikasi Android tetapi sobat sedang jenuh dengan langkah-langkah modifikasi yang ribet dan panjang? atau kadang takut salah dalam prosesnya? atau bahkan ROM custom Android sobat belum ada? Aplikasi Xposed sebenarnya adalah aplikasi yang sudah lama beredar, dan bisa kita cari di forum XDA developer. Xposed framework ini dibuat oleh salah satu member XDA yang bernama rovo89 pada tahun 2012. Namun tidak ada salahnya jika saya ingin menulis tentang aplikasi ini karena saya yakin masih ada diantara kita yang belum mengenal aplikasi ini.

Apa itu Xposed?

Xposed adalah sebuah module framework yang bisa merubah tampilan dan cara pakai sistem operasi Android. Artinya kita bisa membuat sebuah handphone Android yang berbeda dengan handphone Android lainnya, misalnya dengan merubah warna dan icon status bar, mengganti animasi saat screen on atau off, mengganti DPI layar Android berdasarkan aplikasi tertentu dan lain sebagainya.
Yang kita perlukan untuk melakukan hal tersebut diatas hanya dibutuhkan aplikasi Xposed dan beberapa module Xposed sesuai dengan fungsi yang kita inginkan.

Bagaimana cara menginstall Xposed?

Ada beberapa hal perlu sobat ketahui sebelum bisa menginstal aplikasi Xposed Framework, yaitu :
1. Android harus sudah ROOT!
2. Versi Android harus 4.0.3 keatas
3. Masih menggunakan Dalvik sebagai runtime library


Yang pertama jika Android belom di root maka ikuti prosedur rooting sesuai handset Android sobat. Kemudian pastikan versi Android adalah versi 4.0.3 keatas, yang bisa sobat periksa melalui SettingAbout, jika Android sobat adalah versi 4.4 atau Kitkat maka pastikan runtime library masih menggunakan Dalvik bukan ART, periksa melalu SettingDeveloper Option.
Download aplikasi Xposed framework disini, kemudian instal dan jalankan aplikasi tersebut. Prosesnya :
1. Buka Aplikasi Xposed arahkan ke Framework
2. Tekan Install/Update dan berikan Xposed Framework root access
3. Setelah instalasi komplit, reboot Android sobat
4. Xposed Framework telah terinstal

Modifikasi Android dengan Xposed

Setelah Xposed terinstal dan berjalan dengan baik, maka kita perlu menginstal module. Dengan cara membuka aplikasi Xposed, tap Download, disini sobat akan ditampilkan begitu banyak module. Berbagai macam fungsi module akan ada disini. Sobat perlu membaca setiap deskripsi dari module tersebut, agar sobat bisa tahu fungsi dan kegunaan module tersebut.
Sebagai contoh, saya ingin agar setiap kita menekan tombol power maka ada option “Soft Reboot”, maka saya akan menginstal module yang bernama “Advance Power Menu”. Proses instalasi berjalan seperti biasa, sama jika kita menginstal aplikasi pada umumnya.


Setelah module “Advance Power Menu” terinstal maka sobat harus masuk ke dalam tab “Modules”. Disini akan tampil semua module yang telah kita instal, dan kita harus mengaktifkan module tersebut, tap kotak kecil disamping tulisan module hingga tampil tanda centang. Kemudian reboot Android sobat. Setelah reboot, module tersebut baru efektif dan saya bisa mengaktifkan opsi “Advanced Reboot” agar saat melakukan power off, handset Android sobat ada pilihan “Soft Reboot”.

 
Akhir kata, Xposed Framework sangat berguna untuk meningkatkan performa dan pengalaman kita ber-Android. Kesimpulannya, jadi jangan ragu untuk memakai aplikasi ini.

Mau coba aplikasi Xposed Framework ini?, monggo download disini.

Post a Comment